Monday, February 11, 2013

Cara Merawat Baterai Laptop

Baterai Laptop adalah salah satu kebutuhan inti yang wajib dibawa keman-mana bersama dengan di bawanya Laptop tercinta kita pastinya
Nah pada postingan kali ini saya akan Membagikan Tips-tips dan cara-cara merawat Baterai Laptop yang Mudah Aman dan juga bisa dilakukan kapanpun.sehingga baterai Laptop teman teman dapat bertahan lama.dalam beberapa periode dan dapat bertahan lama karena Cell cell baterai dirawat secara berkala sehingga tidak mudah AUS.




Langkah - Langkah Merawat Baterai Laptop dengan Aman dan mudah 


1. Kenali terlebih dahulu jenis baterai laptop Anda karena di pasaran beredar beraneka jenis baterai laptop (misalnya: nickel cadmium, lithium-ion). Tiap jenis baterai memerlukan perawatan khusus. Jenis baterai yang paling umum digunakan adalah baterai lithium-ion karena dapat bertahan ketika dicharge berkali-kali tanpa menunggu terisi penuh.

2. Charge baterai laptop baru hingga penuh sebelum pertama kali menggunakannya. Langkah ini hanya dilakukan jika baterai belum di charge oleh produsen.

3. Baterai laptop sensitif dengan perubahan suhu, maka hindari suhu yang terlalu panas atau dingin. Hindari baterai laptop terkena terik sinar matahari atau sumber panas lainnya! Sebaiknya laptop yang berisi baterai tidak diletakkan di dalam mobil yang terkena langsung panas matahari. Gunakan cooling pad saat laptop digunakan dalam jangka waktu lama agar baterai tidak panas.

4. Hindari memasukkan baterai laptop ke dalam lemari es maupun tempat bersuhu terlalu dingin. Suhu dingin yang ekstrim dapat merusak baterai. Hindari baterai dari air dan kelembaban. Hal ini untuk menghindari jamur dan korosi pada komponen baterai.

5. Lepaskan baterai jika ingin menyimpan laptop dalam waktu lama. Hal ini dilakukan untuk mencegah korosi baterai dengan komponen pada laptop. Sebelum melepas baterai, usahakan baterai sudah terisi penuh. Simpanlah baterai pada suhu ruangan dan tempat yang kering. Jangan membiarkan baterai laptop mengganggur dalam waktu lama hingga berbulan-bulan. Sesekali pakailah baterai laptop agar ia tidak kehilangan kapasitasnya.

6. Jika ingin memakai laptop dalam waktu lama dengan sumber listrik, sebaiknya lepaskan baterai. Jika tidak, Anda akan bolak balik mengisi baterai dan ini akan membuat baterai lebih cepat rusak. Jangan melepaskan baterai saat laptop masih menyala karena dapat membuat sistem di laptop menjadi crash dan merusak hardware.

7. Jangan biarkan baterai sampai kosong
Terlalu sering mengosongkan baterai akan memperpendek umur baterai. Sebelum baterai habis, charge baterai tersebut sampai penuh. Pengguna Windows Vista dan Windows 7 dapat melakukan setting laptop mati sebelum baterai kosong di bagian Power Options.


8. Cas Baterai Laptop anda jika prosentase isi baterai dibawah 20%

9. Segera Lepas Carger dari Laptop jika isi baterai menunjukan Prosentase 100%
          Alasan : Apabila jumlah Cell baterai terus terisi ketika penuh kemungkinan baterai tidak muat adalah   
          90% sehingga mengakibatkan yang dinamakan DROP


Lain kali saya akan membahas tentang bagaimana merawat Laptop dengan baik dan mengoptikmalkan kerja Laptop anda dan saya akkaakaka

No comments:
Write comments